Pasar Ponsel Nasional Diperkirakan Bakal Didominasi Android

Standar

Tema Minat Masyarakat terhadap Teknologi Gadget


NERACA

Jakarta – Perkembangan smartphone di Indonesia dinilai sangat mengagumkan. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan pangsa pasar posel pintar itu sudah mencapai 50% dan diperkirakan bakal terus meningkat, terutama untuk Android.

Itu sebabnya, pasar ponsel di Indonesia diperkirakan mengarah ke jenis Android, menyusul penyediaannya yang sangat bervariatif dari berbagai vendor, dengan harga yang relatif terjangkau di bawah Rp2 juta-an.

“Smartphone mengalami evolusi yang luar biasa, terutama produk Android yang makin diminati pasar. Produk-produk seperti Huawei yang berbasis Android dengan harga yang terjangkau akan semakin meramaikan pasar di Indonesia,” terang Chief Commerce Officer PT Teletama Artha Mandiri Hasan Aula, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Wakil Direktur Mito Mobile Jacksen Lie menyatakan smartphone Android diperkirakan bakal menjadi tren ke depan, khususnya untuk produk-produk China yang semakin marak di pasaran. Hal tersebut didukung oleh penyediaan model dan fitur yang sangat bervariasi, dengan meniru ponsel global, yaitu candy bar, qwerty, hingga touch screen, sehingga banyak diminati oleh masyarakat, terutama dilengkapi dengan aplikasi jejaring sosial.

“Produsen ponsel China sudah banyak melakukan inovasi dengan model dan fitur yang sangat bervariasi. Ke depan, produk smartphone Android yang bakal menjadi tren dalam masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan terpisah, VP Business Development Selular Group Andy Tanamas mengatakan saat ini sudah banyak vendor, khususnya asal China yang menyediakan berbagai produk Android seperti HTC, Nexian, ZTE, dan Huawei. Menurut dia, minat masyarakat terhadap smartphone Android juga terus meningkat, yang terlihat dari permintaan terhadap ponsel ini yang mengalami pertumbuhan sekitar 10% per tahun.

Pertumbuhan minat dan permintaan masyarakat tersebut terutama didukung oleh keberadaan banyak produk dengan harga yang terjangkau di bawah Rp2 juta-an, serta modelnya yang sangat bervariatif dan mendukung fashion (fashionable). “Saya melihat tren smartphone ke depan bakal mengarah ke Android. Banyak vendor China yang menyediakan produk itu dalam berbagai varian, di mana sebagian besar produk ditawarkan dengan harga yang murah,” ujarnya.

Meski smartphone Android bakal menjadi tren, Andy menuturkan produk dari Research In Motion (RIM) yaitu BlackBerry diperkirakan masih menjadi buruan utama konsumen ponsel di Indonesia. Hal tersebut mengingat model dan fitur BlackBerry yang terlanjur digemari masyarakat berbagai kalangan, serta inovasinya yang selalu ditunggu konsumen, seperti tiga produk baru yang akan diluncurkan dalam tahun ini.

“Penjualan produk-produk BlackBerry yang melalui Selular Group terus meningkat, terlebih dengan harganya yang sekarang juga telah tersedia di bawah Rp2 juta-an dan menarik bagi konsumen,” katanya.

Chief Commerce and Retail Officer Selular Group Agus Pranata mengemukakan pangsa pasar smartphone hingga akhir tahun ini diperkirakan mampu mencapai 35% dari total penjualan ponsel di Indonesia.

Proyeksi itu bersamaan dengan keberadaannya yang telah mendominasi dari berbagai merek baik lokal maupun internasional, didukung pasar ponsel di Indonesia yang terus mengarah pada jenis smartphone, meski untuk sekarang pangsa pasarnya masih sekitar 25%. 

Peningkatan pasar Android diprediksi juga disebabkan oleh banyaknya penyediaan ponsel jenis smartphone yang belakangan terus dikembangkan oleh vendor lokal dan internasional, sebagai wujud inovasi untuk meningkatkan penjualan produk. “Minat masyarakat terhadap ponsel terus bergeser dari featurephone ke smartphone. Pangsa pasarnya tahun ini bisa mencapai 35%, dari sekarang sekitar 25%,” tandasnya.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s