JENIS LAIN MAKANAN KHAS LAMPUNG YANG BELUM TERLALU DIKENAL

Standar

LAPIS LEGIT

Legit adalah kue lapis khas Lampung yang terbuat dari telur dan mentega

ENGKAK

kue ini bahan dasarnya dominan ke telur dan mentega.Dipanggang
berlapis-lapis dengan menggunakan loyang (cetakan).

GULAI TABOH

Gulai Taboh adalah kuliner khas Lampung yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. Gulai ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan seperti kacang/khattak gelinyor, kacang merah/khattak ngisi, kacang panjang/khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain lain.

GABING

Gabing ialah makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda.mungkin banyak orang yang belum makan atau belum pernah dengar. Batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang setelah itu di sayur dengan kuah santan, rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini adalah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.

UMBU

Umbu ialah suatu lalapan yang asli dari lampung. lalapan ini bukan berbentuk dedaunan hijau , umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . mungkin tebakan kalian makanan ini rasanya mirip dengan gabing? tetapi kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan gabing , umbu lebih cendrung berasa pahit seperti pare , tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan napsu makan loh.

PANGGANG

Panggang ialah ikan “apapun jenisnya” yang di asap sampai matang,bukan makanan yang di bakar atau di panggang langsung di atas api,bumbu yang digunakan ialah bumu dapur sederhana,garam,cabe,bawang putih dll.
meskipun “panggang” ini sekilas mirip dengan makanan nusantara lainnya,tapi makanan ini berbeda,karena ikan yang telah matang akan berbau asap yang menambah selera makan,dan juga panggang ini juga bisa di kembangkan menjadi makanan lainnya seperti sayur panggang,dan sayur panggang bening.

Tinggalkan komentar